Kata Pengantar

 

Kami panjatkan puji syukur ke Hadirat Allah SWT telah memberikan rahmat dan karunia-nya sehingga kami dapat menyelesaikan program kerja PMR ( Palang Merah Remaja ) di SMKN 1 Babelan, tujuan antara lain sebagai acuan dan pedoman kami dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

kami mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Drs. Saiful Anwar,  M.Pd selaku Kepala SMKN 1 Babelan yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai Pembina PMR di SMKN 1 Babelan.
  2. Wakasek Kurikulum dan Wakasek Kesiswaan serta Teman- teman semua yang ikut membantu saya dalam membuat Program kerja .

Tentu saja kami rasakan bahwa pembuatannya sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu serta saran yang membangun dari para pemerhati pendidikan khususnya dalam kegiatan ekstrakuler PMR sangat kami harapkan untuk memperbaikan maupun penambahan demi kemajuan kami dimasa yang akan datang.

Demikian program yang kamibuat , atas bantuan dan kerjasamanya  kami ucapkan terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

 

 

 

Dengan dilandasinya rasa kemanusiaan yang adil dan beradab dan didorong dengan semangat Gerakan Internasional dan bulan sabit merah untuk meringankan penderitaan sesame manusia apa pun sebabnya  pada tanggal 17 September 1945 dalam rangka usaha turut mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia , maka dibentuklah Perhimpunan Palang Merah Indonesia sebagai suatu organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang social kemanusiaan    

Palang Merah Remaja atau PMR merupakan organisasi social kemanusiaan yang berada di bawah naungan Palang Merah Indonesia. PMI sendiri membentuk organisasi PMR secara resmi pada tahun 1953 dengan tujuan utama untuk menyiapkan kader-kader handal PMI.

Banyak cara untuk membina dan mengembangkan , namun yang paling penting dalam proses pembinaan dan pengembangan PMR adalah siswa saling memahami serta menghargai harapan-harapan komitmen tanpa pamrih seraya memberikan ketauladanan. selain itu untuk menyatukan gerak langkah perlu dikembangkan dan dipelihara kelangsungan hubungan yang harmonis antara siswa PMR dan sekolah karena bagaikan satu organ yang hidup yang saling tergantung serta saling menunjang satu dengan lainnya.

Dalam rangka usaha menjalin kasih sayang terhadap sesama manusia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan turut memelihara budi pekerti yang luhur menuju ke arah terwujudnya ekstensi PMR dalam menjalankan kegiatan setiap tahun pelajaran, menyusun rencana strategis PMR tahun 2011-2012 , sebagai pedoman arah kegiatan PMR di SMK Negeri 1 Babelan.

Rencana strategi PMR tahun 2011-2012 diharapkan dapat memenuhi unsur-unsur sebagai berikut :

  1. Sederhana tetapi strategis, mudah dimengerti, kompak, mudah dilaksanakan dapat dipantau dan dievaluasi pelaksanaan.
  2. Menggunakan metode perencanaan yang disusun bersama siswa PMR dengan musyawarah dengan melibatkan semua peserta PMR dan Pembina.
  3. Mengakomadasikan masukan-masukan dari kepala sekolah, dewan guru dan unit-unit ekstrakulikuler SMK Negeri 1 Babelan.

Adapun dasar dari kegiatan PMR di SMK Negeri 1 Babelan adalah

  1. Kepres no. 246 tahun 1963 tentang Perhimpunan Palang Merah Indonesia
  2. Perjanjian kerjasama PMI dengan Depdiknas RI 24 Mei 1995 No.118/U/95 dan No.0090-Kep/PP/V/95 tentang pembinaan dan pengembangan kepalangmerahan di sekolah.
  3. Perjanjian kerjasam PMI dengan DEPAG RI tanggal 26 September 1995No.459 tahun 1995 dan No.0185-KEP/PP/IX/95 tentang Pembinaan dan pengembangan kepalangmerahan.
  4. Kepetusan Kepala SMK Negeri 1 Babelan  N0. 800 /155/SMKN1/Dis.P 02/2011 Tentang Pembagian Tugas Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Atau Bimbingan Dan Penyuluhan Tahun Pelajaran 2011/2012.
  5. MAKSUD DAN TUJUAN
    1. Maksud

Untuk meningkatkan kualitas dari pembinaan PMR di Unit SMk Negeri 1 Babelan tentunya tidak terlepas dari kapasitas dari siswa, Pembina PMR dan sekolah itu sendiri . dengan adanya penyegaran dan pemahaman mengenai materi, Pembina PMR diharapkan bias berjalan dengan baik.

  1. Tujuan
    1. Memberikan dan meningkatkan pengetahuan bagi peserta / siswa dalam melaksanakan Pembinaan PMR di Unit sekolah sesuai standard managemen pembinaan PMR dan relawan yang dibantu oleh PMI Cabang Kabupaten Bekasi.
    2. Siswa anggota PMR dapat mengembangkan kemampuan dan potensi mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
    3. Berjalannya mekanisme organisasi dengan baik dan benar.
    4. Peningkatan professionalme manajemen organisasi PMR di sekolah.
    5. VISI DAN MISI PMR 2011-2012
    6. Visi

“Terwujudnya PMR sebagai unit kegiatan siswa yang professional tanggap dan dicintai siswa”

  1. Misi
    1. Menguatkan dan mengembangkan organisasi.
    2. Meningkatkan kualitas (pengurus, anggota PMR dan relawan).
    3. Mengembangkan kegiatan kepalangmerahan yang berbasis masyarakat.
    4. Mengembangkan komunikasi informasi dan Edukasi  kepalangmerahan.

 

 

 

 

BAB II

PROGRAM KERJA PEMBINA PMR

  1. 1.      Program kerja Pembina PMR adalah :
    1. Pelayanan kesehatan sekolah.
    2. Mengadakan kebersihan lingkungan sekolah.
    3. Mengadakan latihan.
    4. Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat.
    5. Mengadakan bakti sosial.
    6. Mengadakan kunjungan ke tempat kesehatan.

Program Kerja adalah suatu susunan sistematik kegiatan yang akan dilakukan oleh Pengurus  PMR WIRA SMKN 1 Babelan selama masa Kepengurusan 2011 – 2012. Berikut program kerjanya:

JANGKA PENDEK

  • ·Latihan Unit: Merupakan kegiatan Membina Calon maupun Anggota PMR Unit SMKN 1 Babelan secara rutin seminggu sekali pada hari Sabtu.
  • Rapat Koordinasi: Merupakan kegiatan evaluasi rutin setiap satu bulan satu kali pada minggu kedua.

JANGKA MENENGAH

  • Bakti Sosial Butterfly: Merupakan kegiatan Bakti Sosial setiap Empat bulan satu kali atau pada saat darurat bencana.
  • Evaluasi Latihan: Merupakan membantu PMR Unit SMKN 1 Babelan  mengikuti dan mengevaluasi hasil latihan di kegiatan rutin perlombaan yang diadakan oleh PMI atau PMR Madya maupun Wira di lingkungan Kab. Bekasi.
  • Studi Banding: Evaluasi Kinerja Pengurus PMR WIRA SMKN 1 Babelan setiap 4  bulan sekali.
  • Buka Puasa Bersama: Dalam Rangka Ramadhan kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali.
  • Kegiatan Variatif: Kegiatan ini berbentuk refreshing seperti Rujak Party, Tea Party, Lintas alam dan lain sebagainya diluar aktivitas yang berhubungan dengan PMR maupun kegiatan formil lainnya.
  • Latihan Gabungan ( LatGab ) PMR Tingkat Wira Sekabupeten Bekasi

JANGKA PANJANG

  • Masa Penerimaan Calon Anggota Maupun Calon Pengurus Himpunan Alumni: Diadakan setiap setahun sekali setelah kelulusan PMR WIRA Unit SMK Negeri  Babelan.
  • Musyawarah Pertanggung Jawaban (MUPER): Diadakan setiap setahun sekali atau selesai Masa Bakti Pengurus berupa sidang pleno yang mempertangungjawabkan kepengurusan kepada Majelis Permusyawaratan Anggota.
  • Milad: Syukuran Gabungan Ulang Tahun Palang Merah Indonesia, PMR Unit SMK Negeri 1 Babelan.
  • Latihan Gabungan PMR Tingkat Wira  Sekabupaten Bekasi wilayah Utara yaitu SMKN 1 Babelan, SMAN 1 Babelan dan  SMAN 2 Babelan, SMKN 1 Tambun Utara &SMAN 1 Tambun Utara &SMAN 2 Tambun Utara, SMKN 1 Tambelang &SMAN 1 Tambelang dan Sukawangi.

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KERJA TAHUNAN

PMR TINGKAT WIRA BAKTI

 

 

No

Bulan 

Kegiatan 

1

Juli

Latihan  Rutin&Penerimaan Calon Anggota Maupun Calon

   

Pengurus Himpunan Alumni PMR SMKN 1 Babelan

   

Musyawarah Pertanggung Jawaban (MUPER) Pengurus PMR Lama

2

Agustus 

Buka Puasa Bulan Ramadhan

 

 

Perayaan HUT  Ke-66

3

September

Halal Bialal di Hari Raya Idul Fitri 

   

Latihan Rutin

   

Syukuran Gabungan Ulang Tahun PMR Unit SMK Negeri 1 Babelan

4

 Oktober

Latihan Rutin Dan Evaluasi Materi

   

Latihan Pemantapan PP

5

November

Diklat

6

Desember

Latihan Rutin & Evaluasi Materi

   

Latihan Pemantapan Materi

7

Januari

Latihan Rutin& Evaluasi Materi

8

Februari

Latihan rutin& Evaluasi Materi

 

 

 Pengambilan Lencana Harian PMR Wira

9

Maret 

Latihan Rutin dan Evaluasi

10

April

latihan Gabungan 

11

Mei

Latihan Rutin  dan Evaluasi

 

 

LBB

12

Juni

 Latihan Rutin

 

 

Pelantikan PMR Wira

 

 

  1. PELAKSANAAN KEGIATAN

Siswa, Pembina dan wakil Pembina PMR serta SMK Negeri 1 Babelan sebagai lembaga Pendidikan.

 

  1. TANTANGAN

Tingkat bencana makin meningkat disebabkan oleh parahnya lingkungan dan dampak langsung dari perubahan iklim yang merupakan akibat dari pemanasan global (global warning).

Berbagai penyakit yang menular mengalami peningkatan dilihat dari area penyebaran masyarakat yang terinfeksi serta tingkat keganasan sumber penyakit menular.

Pencitraan dan sosialisasi PMR masih belum lancar dan program serta kegiatan yang dijalankan PMR belum terintegrasi secara optimal.

  1. HASIL YANG DIHARAPKAN
    1. PMR SMK Negeri 1 Babelan dapat berpartipasi mengirimkan penderitaan sesama manusia yang disebabkan kelamin, golongan, dan lain-lainnya yang berlandaskan 7 prinsip –prinsip dasar gerakan internasional palang merah dan bulan sabit merah :
    2. Kemanusiaan
    3. Kesamaan
    4. Kenetralan kemandirian
    5. Kesukarelaan
    6. Kesatuan
    7. Kemestaan
    8. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terencana berkelanjutan dengan pendekatan peduli terhadap sesama.
    9. Menyelenggarakan pembinaan terhadap potensi sumber daya manusia / siswa di sekolah yang benar-benar mempunyai kemampuan keahlian serta pengalaman dalam bidang kepalangmerahan.
    10. Orientasi dan pelatihan aplikasi bagi siswa PMR dan relawan PMI agar menghayati tugas dan tanggung jawabnya yang didukung dengan penghayatan terhadap nilai-nilai kepalangmerahan sebelum diterjunkan ke lapangan
    11. Menyelenggarakan peduli bencana secara terencana terkoordinasi dan kesiagaan terhadap darurat bencana.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

Rencana strategis PMR 2011-2012 beserta penjabaran hanya akan berhasil dalam implementasinya jika dari semula telah dikembangkan rasa kepemilikan terhadap rencana srtategis  dari seluruh siswa PMR berikut mitra kerjanya.

Sebagai kata kunci terakhir kelembagaan serta sistem yang dibangun keberhasilan atau kegagalan dalam implementasi tergantung kepada seluruh anggota / siswa dan Pembina PMR serta SMK Negeri 1 Babelan yang melaksanakannya. Disinilah letak pentingnya pengembangan sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan ke depan yang makin kompleks.

Semoga program kerja ini dapat diindahkan oleh semua pihak terkait dan kami sangat mengharapkan kritik  dan saran dari semuanya. Akhirnya semoga Allah SWT memberkahi program kerja ini dan memberkahi pula keluarga besar SMK Negeri 1 Babelan sehingga terwujud warga sekolah yang Toyyibatun, Warobbun Gofuur, Amiien.